6 Ciri Ciri Beras Pandan Wangi yang Harus Anda Tahu, Yuk Cek Disini

Di pasaran terdapat banyak jenis beras yang bisa Anda temui. Mulai dari beras produk lokal hingga yang didatangkan dari luar negeri. Sebut saja istilah beras basmati atau juga Beras pandan wangi yang tentu telah sering didengar saat ini. Beras yang merupakan komoditas dari daerah Cianjur ini juga memiliki aroma yang berbeda. Lalu apa saja ciri ciri dari jenis beras tersebut?

Ciri Ciri dari Beras Jenis Ini Agar Tidak Salah Beli
1. Bentuk Beras Agak Bulat
Salah satu hal yang paling mudah dikenali dari ciri ciri beras jenis ini adalah dari bentuknya. Anda dapat mengamati buliran biji beras yang ada. Jika kebanyakan beras akan berbentuk agak memanjang, maka hal ini akan berbeda dengan beras yang beraroma sedap tersebut. Bentuk beras yang satu ini akan cenderung lebih bulat dan terkesan gemuk. Dengan membandingkannya bersama beras biasa, Anda dapat mengetahui ciri ciri beras pandan wangi ini.

2. Warna Beras Bening Kekuningan
Selain dari segi bentuk masih terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membedakan beras kualitas juara ini. Ciri ciri lain yang dimiliki oleh beras tersebut ialah dari segi warnanya. Jika kebanyakan beras berwarna putih bersih, maka beras tersebut akan cenderung berwarna bening kekuningan. Perbedaan warna beras ini dapat Anda temui dengan cara memperhatikannya secara seksama.

3.  Warna Putih di Tengah Beras
Ciri lain yang cenderung mudah untuk dikenali ialah dari watna putih di bagian tengah beras. Biasanya warna putih tersebut juag sering ditemui pada beras jenis yang lainnya. Dengan mengetahui ciri ciri beras ini tentu diharapkan dapat menghindarkan Anda dari produk beras pandan wangi palsu. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak terdapat penipuan pada bahan makanan tersebut.

4. Aroma Beras yang Awet
Aroma yang dimiliki oleh beras yang telah dimasak juga dapat menjadi pembeda beras ini dengan jenis beras yang lain. Setelah dimasak, nasi dari beras tersebut akan mengeluarkan aroma yang cukup berbeda. Tidak hanya itu aroma tersebut juga akan awet dan bertahan lama setalah nasi matang. Sementara hal lain akan terjadi pada beras jenis ini yang kw, aroma dari nasi akan hilang dalam waktu 1 jam saja.

5. Tekstur Beras yang Pulen
Beras yang dimasak dengan tepat tentu akan menghasilkan tekstur nasi yang terbaik. Dari tekstur nasi tersebut, Anda juga bisa membedakan beras yang satu ini dengan beras yang lainnya. Nasi dari bahan beras pandan wangi akan sangat pulen saat ditanak. Hal ini juga merupakan daya tarik dari jenis beras tersebut. Dengan nasi yang pulen tentu akan membuat makanan yang ada menjadi terasa semakin lezat.

6. Terdapat Label Khusus di Kemasannya
Hal lain yang dapat Anda kenali dari beras jenis ini ialah dari produk kemasannya. Biasanya pada kemasan yang ada telah terdapat label khusus untuk membuktikan keaslian beras tersebut. Sebagai upaya mencegah kasus penipuan pada beras yang kw, Anda bisa melihat hal tersebut secara cermat terlebih dahulu. Terlebih bagi Anda yang hendak membeli beras secara online.

Banyak hal yang merupakan ciri ciri dari beras jenis ini, mulai dari bentuk hingga warnanya. Anda juga bisa membedakan beras tersebut setelah dimasak menjadi nasi. Nasi dari beras jenis ini akan memiliki aroma yang lebih awet daripada jenis beras yang lainnya. Tekstur dari nasi tersebut juga akan terasa lebih pulen di lidah. Tidak hanya itu, kemasan dari beras jenis ini biasanya juga memiliki label khusus.
Labels: Kuliner
Back To Top