Sudah Tahu Keuntungan Menggunakan Masker Kain? Yuk Cek di Sini

Saat ini Masker kain memang sudah banyak digunakan sudah cukup lama. Namun, saat ini penggunaannya semakin meningkat, mengingat keberadaan masker medis yang terbatas. Masker medis hanya dianjurkan untuk mereka yang bekerja di rumah sakit atau pelayanan kesehatan. Meskipun demikian, menggunakan masker dari bahan kain juga memiliki fungsi yang sama dengan masker medis. Bahkan memakai masker jenis ini memiliki beberapa keuntungan berikut.

Keuntungan Menggunakan Masker dari Bahan Kain
1. Harga Lebih Murah
Keuntungan pertama dari penggunaan masker ini yaitu harganya yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan harga masker medis saat ini, tentu harga masker dengan bahan kain lebih terjangkau. Bahkan beberapa masker dari bahan kain sudah bisa diperoleh dengan harga sepuluh ribu rupiah saja. Selain itu, masker dengan bahan kain juga lebih mudah ditemukan di pasaran. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang sederhana.

2. Efektif Menahan Droplet
Masker dari bahan kain sering dianggap kurang efektif dibandingkan dengan masker medis. Padahal masker dari bahan kain juga dapat menahan droplet dari orang lain. Droplet sendiri merupakan percikan batuk atau bersin sebagai salah satu cara penularan virus. Agar masker jenis ini dapat bekerja dengan maksimal, maka anda harus menggantinya jika sudah digunakan hingga 3 jam. Sediakan beberapa potong masker kain, untuk antisipasi jika anda harus menggantinya.

3. Dapat Dipakai Kembali
Penggunaan masker  dari bahan kain juga memiliki kelebihan dimana masker dapat digunakan kembali. Tentunya setelah masker tersebut dicuci terlebih dahulu. Jadi anda tidak perlu bolak balik membeli masker sebagaimana saat membeli masker medis. Lebih menghemat bukan? Meskipun demikian, jangan khawatir dengan tingkat kehigienisan dari masker yang satu ini karena, masker yang sudah dicuci dengan baik sudah terjamin kesterilannya.

Selain itu, cara mencuci masker dari bahan kain cukup mudah dilakukan, sebagaimana saat mencuci bahan kain pada umumnya. Namun, saat membeli masker sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari katun minyak atau kain oxford, agar pada saat dicuci bentuknya tidak sampai berubah, terutama jika mencucinya dengan mesin cuci. Akan lebih baik jika bahan Masker fullprint terbuat dari kain katun tanpa adanya campuran dari bahan benang yang lain.

4. Mengurangi Sampah
Keuntungan yang terakhir yaitu dapat mengurangi sampah yang ada di lingkungan. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang dapat dilakukan hingga beberapa kali, sehingga berdampak postif pada jangka yang lebih panjang. pengguna masker biasanya berhenti memakai masker ini bukan dikarenakan masker tersebut rusak atau sudah jelek, melainkan karena sudah cukup bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan masker bermotif.

Adanya gambar atau motif tertentu pada masker yang digunakan, tentu akan membuat anda tampak lebih unik. Bahkan ada beberapa masker dari bahan kain yang menggunakan gambar wajah yang menampakkan bagian hidung ke bawah. Ada juga yang menggunakan gambar yang lebih ekstrim seperti harimau atau laba laba. Apalagi saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan masker kain fullprint.

Menggunakan masker jenis ini memang memiliki sejumlah keuntungan, dan tergolong cukup efektif mencegah penularan penyakit yang yang masuk melalui saluran pernafasan. Meskipun demikian, penggunaan masker jenis ini tidak direkomendasikan untuk tenaga medis. Mengingat keberadaan mereka memungkinkan penularan virus yang lebih cepat. Tenaga medis harus menggunakan masker bedah karena masker ini lebih efektif tiga kali lipat daripada masker dari  kain.
Labels: Kesehatan
Back To Top