Mengintip Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Melalui KAI Access

Di era yang serba digital ini, Anda bisa lebih mudah untuk membeli tiket transportasi umum melalui aplikasi. Hal ini membuat lebih praktis tanpa perlu mengantri panjang di loket. Salah satu transportasi yang telah menyediakan layanan online adalah kereta. Anda bisa dengan mudah pesan tiket kereta api melalui website resmi KAI atau mengunduhnya di aplikasi bernama KAI access. Jika Anda ingin tahu langkah memesannya, berikut ulasannya.

 

5 Langkah Untuk Memesan Tiket Melalui Aplikasi
1. Mengunduh dan Memasang Aplikasi KAI Access
Langkah awal yang harus dilakukan untuk memesan tiket tentunya adalah mengunduh aplikasi tersebut. Anda bisa mengunduhnya di telepon pintar yang dimiliki. Aplikasi tersebut dapat ditemukan di PlayStore maupun App Store.  Setelah itu, ketikan KAI Access di kolom pencarian, kemudian tekan tombol install maka aplikasi akan segera terunduh. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut melalui smartphone dan lakukan langkah berikutnya. 


2. Mendaftar dan Memasukkan Data Diri
Setelah aplikasi berhasil terpasang, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Salah satunya yaitu mendaftar terlebih dahulu agar bisa memesan tiket kereta api. Data yang dimasukkan berupa KTP dan harus dilengkapi sesuai data yang dimiliki. Ada juga kolom lainnya yang harus diisi seperti nama lengkap, nomor KTP, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, dan yang terakhir adalah kata sandi. 


3. Memilih Jenis Kereta dan Mengisi Kolom yang Disediakan
Apabila sudah terdaftar, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis kereta apa yang ingin digunakan. Terdapat pilihan kereta api kota atau KA Lokal, begitu pula dengan KA antar kota. Kemudian, isilah form yang berisi asal dan tujuan kota yang Anda inginkan. Kolom tanggal keberangkatan, kelas kereta dan jumlah penumpang juga harus dilengkapi. Untuk satu kali pemesanan, jumlah tiket penumpang yang bisa dipesan adalah 4. 


4. Mengkonfirmasi Pemesanan dan Melakukan Pembayaran
Setelah memesan, Anda akan dialihkan pada halaman yang menampilkan detail pemesanan tiket kereta api. Pada tahap ini, cermati dengan seksama agar tidak ada kesalahan atau ada yang terlewatkan. Jika semua pesanan sudah lengkap dan sesuai, Anda hanya tinggal klik pada kotak kecil untuk memberikan tanda centang. Hal ini bertujuan sebagai tanda bahwa Anda sudah siap untuk mengkonfirmasi pesanan tiket. Setelah itu Anda bisa memilih metode pembayaran.


5. Mencetak Tiket Boarding Pass
Tiket yang sudah dipesan akan muncul dengan barcode yang bisa ditukarkan dengan tiket cetaknya. Nama dari istilah ini adalah boarding pass. Pengganti tiket ini dapat dicetak melalui pintu check in yang ada di stasiun. Bagi Anda yang melakukan reservasi di tiket menggunakan aplikasi KAI Access, maka Anda bisa menukarnya dua jam sebelum keberangkatan dari kereta api. 


Dokumen tersebut sangat penting untuk naik kereta api. Sebab jika tidak memiliki boarding pass, maka penumpang akan langsung diturunkan di pemberhentian pertama. Namun, jika boarding pass atau tiket kereta api hilang ketika sudah ada di kereta, maka penumpang berhak untuk mendapatkan ganti dan melanjutkan perjalanan dengan menunjukkan tiket elektronik yang sudah diunduh melalui aplikasi KAI Access sebelumnya. 


Itulah lima cara mudah untuk memesan tiket kereta menggunakan aplikasi KAI Access. Untuk dapat menikmati layanan ini, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi, memasukkan informasi pribadi untuk pendaftaran, memilih kereta yang dipesan, mengkonfirmasi pemesanan dan melakukan pembayaran. Setelah itu kartu elektronik akan muncul untuk ditukarkan dengan Boarding Pass.

Labels: Wisata
Back To Top